Mana lebih baik: investasi atau menabung untuk keuangan masa depanmu. Dalam hal mengelola keuangan, dua pilihan penting sering kita temui, yaitu antara investasi atau tabungan.


Dari keduanya memiliki peranan penting dalam hal mengamankan masa depan keuanganmu, akan tetapi memahami perbedaan dan manfaat masing-masing diantara keduanya bisa sedikit membantu kamu nanti dalam membuat keputusan yang tepat dan tidak menyesal dikemudian hari.


Di postingan ini akan kita bahas mengenai konsep investasi dan tabungan terutama pada kelebihan dari masing-masing serta bagaimana keduanya bisa bekerja sama demi membangun fondasi keuangan yang kokoh.


Seberapa Kuat Investasi

Berinvestasi yaitu mengalokasian dana ke dalam aset, usaha atau bisa juga pada bidang keuangan lainnya dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan atau meningkatkan kekayaan dari waktu ke waktu. Dengan melakukan investasi diharapkan akan memberikan peluang untuk menambah kekayaan melalui berbagai jalan seperti reksadana, obligasi, real estate, saham, dan lain sebagainya.


Keuntungan utama dari melakukan investasi terletak pada potensi apresiasi modal dan pengembalian majemuk. Dengan berinvestasi secara bijak dan mendiversifikasi portofolio, individu dapat bertujuan untuk melampaui inflasi dan mencapai tujuan keuangan jangka panjang yang diharapkan, dengan begitu kekayaan untuk masa pensiun, pendidikan rumah dan sebagainya dapat terakumulasi dengan baik.


Disamping itu, ini penting untuk diketahui bahwa berinvestasi juga memiliki tingkat risiko berdasarkan fluktuasi pasar yang bisa memengaruhi pengembalian. Agar terhindar dari kerugian yang sangat besar, dalam menjalankan investasi juga harus bisa memahami toleransi risiko dan rutin melakukan penelitian secara menyeluruh agar bisa merasakan sukses dalam berinvestasi.



Seberapa Kuat Tabungan

Menabung yaitu menyisihkan sebagian dari penghasilan yang ada yang nantinya dialokasikan untuk digunakan di masa depan atau digunakan dalam keadaan darurat. Dari uang tabungan ini nantinya akan memberikan jaring pengaman, memastikan stabilitas keuangan selama keadaan tak terduga terjadi dikemudian hari.


Memiliki simpanan atau tabungan akan sangat membantu kamu dalam menutupi pengeluaran yang tak terduga.


Tabungan bisa disimpan pada rekening Bank, atau tempat khusus dimana brankas kamu disimpan asal itu merupakan tempat yang kamu anggap aman untuk menyimpan tabungan.

Beda dengan investasi yang bisa menghasilkan nilai tambah atau bahkan sebaliknya, tabungan mungkin tidak dapat menghasilkan pengembalian yang signifikan dibandingkan dengan investasi, tabungan hanya memberikan bantalan yang andal dan fondasi untuk stabilitas keuangan kamu nantinya.


Selain itu, tabungan dapat berfungsi sebagai sumber modal untuk peluang investasi masa depan yang memungkinkan kamu untuk mengembangkan kekayaanmu lebih lanjut lagi.



Menyeimbangkan antara Investasi dan Tabungan

Strategi dalam keuangan yang kuat biasanya terletak pada bagaimana kamu bisa menyeimbangkan antara investasi dan tabungan. Alasan investasi yang menawarkan potensi pengembalian modal yang lebih tinggi, disamping dengan resiko yang dimilikinya.


Memiliki dana darurat untuk cadangan tabungan yang cukup juga sangat penting untuk melindungi keuangan kamu dari keadaan yang tidak terduga dikemudian hari. Dengan sebagian pendapatan yang dialokasikan untuk tabungan sehingga memiliki dana darurat untuk dipakai sewaktu-waktu jika memang sangat diperlukan.


Dengan memiliki tabungan, dana surplus dapat diarahkan ke investasi untuk menghasilkan pendapatan tambahan demi mencapai tujuan keuangan kamu dalam jangka panjang.


Ref: financeritual

Lebih baru Lebih lama

Klik Tanda Silang Untuk Menutup!

Contact Me